Road To OLMIPA UB 2011 (Part 1)

Akhirnya..,
Hari yang kutunggu itu akan segera tiba. 13 November 2011 adalah hari yang luar biasa berarti bagiku. 13 November merupakan hari dilaksanakannya seleksi tingkat rayon pada Olimpiade Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (OLMIPA) UB 2011. Walaupun tertatih diawal, tapi kita bisa mengatasinya dengan cukup baik sehingga segala persiapan untuk pelaksanaan bisa kami tangani dengan cukup baik.

Kembali sedikit mengingat perjalananku dalam kepanitiaan OLMIPA UB 2011 ini. Saya ingat sekali ketika memutuskan untuk mendaftarkan diri menjadi bagian dalam kepanitiaan OLMIPA UB 2011 saya dalam keadaan sakit. Dan bahkan saya mengisi formulir panitia hanya lewat sms saja kepada SC. Walau dalam keadaan sakit, itu tak menyurutkan niatku untuk turut andil mensukseskan acara ini. Karena apa? Karena saya tahu OLMIPA UB 2011 tahun adalah OLMIPA UB yang bersejarah. Karena untuk pertama kalinya semua Olimpiade yang ada di lingkungan FMIPA UB dibawah naungan himpunan mahasiswa jurusan masing-masing bisa menjadi satu dalam OLMIPA UB 2011. Tidak ada lagi Olimpiade Matematika, tidak ada lagi Olimpiade Kimia, tidak ada lagi Olimpiade Fisika, tidak ada lagi Olimpiade Biologi. Yang ada hanya OLIMPIADE MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM UNIVERSITAS BRAWIJAYA 2011. Luar biasa bukan? Dan saya bangga sekali menjadi bagian didalamnya.

Saat proses screening pun tiba. Badanku masih kurang bersahabat dan sedikit mengharuskanku untuk sejenak istirahat saja di rumah, di kontrakan yang lama. Saat sedang asyik beristiraha handphone bordering tanda sms masuk. Isinya berisi tentang pemberitahuan screening panitia. Saya bilang dengan jujur kondisi saya saat itu, bahwasanya saya sedang istirahat karena sakit. Tapi, mereka meminta untuk diusahakan datang. Akhirnya saya memaksakan diri untuk datang karena itu sudah menjadi konsekuensi dan tanggung jawab saya ketika mendaftarkan diri menjadi Koordinator Divisi Humas. Yaa.,saya senang sekali berada di divisi Humas. Mungkin sudah tempatnya untuk saya berkontribusi maksimal dijalan ini. Singkat cerita saya itu dicecar berbagai pertanyaan yang intinya bagaimana komitmen dan kapasitas saya sebagai seorang yang memberanikan diri dengan pedenya mendaftar sebagai Koordinator Humas OLMIPA UB 2011. Alhamdulillah saya bisa menjawabnya dengan baik dan apa adanya ^_^

Selang beberapa hari kemudian, ada pemberitahuan dari seorang teman melalui sms mengatakan bahwa saya terpilih menjadi Koordinator Humas OLMIPA UB 2011. “Cieee yang jadi Co Humas neh” begitulah sekiranya isi smsnya. Alhamdulillah, saya dipercaya untuk mengemban amanah yang terus terang tidak mudah. Karena itu merupakan pertama kali saya nekat maju menjadi seorang koordinator. Dan dalam acara yang tidak bisa dibilang kecil. Tapi, bismillah sekali lagi saya memulainya dengan niat ingin bermanfaat bagi orang banyak. Dan Allah pasti akan bersama orang yang bersungguh-sungguh.

Yang ditunggu berikutnya adalah rabes alias rapat besar panitia inti dan koordinator tiap divisi. Saat itu agendanya adalah silaturrahmi, penyampaian singkat dari SC dan pembagian staff. Saya bangga sekali bisa berkumpul dengan orang-orang hebat yang tergabung dalam OLMIPA UB 2011. Dan yang terpenting saya bisa menambah relasi dan mengenal teman-teman se-MIPA. Saat pemilihan staff itulah mulai memilah dan memilih siapa yang akan dijadikan staff. Dan Alhamdulillah divisi humas “sedikit lebih diprioritaskan” untuk memilih orang-orang hebat yang akan berjuang bersama dalam divisi humas. Dan proses “lobbying” itupun dimulai. Banyak teman-teman yang bernegosiasi untuk menukar, mengganti, atau bahkan meminta staff dari Humas. Karena Humas memang SPECIAL =).

Dan akhirnya terpilihlah orang-orang luar biasa yang akan membantu saya dalam mengemban amanah di divisi Humas. Para prajuritku total berjumlah 19 orang pilihan dari berbagai daerah, dari berbagai jurusan, dari berbagai karakter menjadi satu kesatuan tim yang harapannya akan tetap solid untuk berjuang mensukseskan OLMIPA UB 2011. Namun, terkadang ekspektasi tak sejalan dengan realita yang ada. Ada saja staff pilihan yang gugur dengan sendirinya. Semoga mereka diampuni karena telah lalai dalam mengemban amanahnya. Dan saya do’akan semoga kedepannya dimudahkan untuk menunaikan amanah yang diembannya.

Sebagai seorang koordinator, tentu saja tugasku adalah mengkoordinir teman-teman untuk bekerja sesuai dengan apa yang telah diamanahkan dan menjadi tugasnya. Dan itu tentu saja bukan perkara mudah untuk memahami karakter masing-masing staff dan menentukan dimana akan ditempatkan sesuai dengan kompetensi dan kemampuan yang dimilikinya. Karena pada dasarnya setiap orang itu memiliki kelebihan masing-masing. Saya mencoba melakukannya dengan mengumpulkan mereka dalam satu kesempatan rapat divisi perdana. Dan Alhamdulillah lebih dari separuh dari total staff yang hadir. Disana saya berusaha mengenal dan mengingat mereka satu-satu. Padahal mengingat seseorang yang baru dikenal adalah hal yang sedikit menyusahkan bagiku. Tapi aku akan terus mencobanya hingga aku berhasil.

Disitulah permulaan perjalanan panjang saya dalam OLMIPA UB 2011. Semoga perjalanan ini berakhir indah.

Leave a Reply

