Istiqomah dan Berprasangka Baik

Masih sama seperti yang dulu bukan berarti tidak mengalami perubahan menuju yang lebih baik. Suatu hal yang kita yakini bahwa itu baik untuk kita akan membuat kita untuk cenderung mempertahankan keadaan tersebut. Istilah kerennya adalah mencoba untuk istiqomah dalam hal kebaikan. Semoga apa yang kita yakini baik itu memang benar adanya dan merupakan suatu kebaikan yang hakiki. Begitu juga dengan apa yang saya yakini saat ini dan semoga ini menjadi sesuatu yang baik bagiku.

Aku melihat tanpa harus menatapnya. Aku memperhatikan tanpa harus menyentuhnya. Aku lebih tenang seperti ini walau rasa bersalah itu seakan terus menghantui. Mungkin hanya itulah yang harus kuperbaiki dari apa yang aku yakini. Bahwa engkau tak harus selamanya menyalahkan dan menyesali apa yang telah terjadi pada masa lalu. Jangan biarkan hal itu menjadi penghambat bagimu untuk menjadi lebih baik. Jadikan itu sebagai motivasi dan pijakan untuk melaju kencang kedepan guna meraih apa yang engkau inginkan.

Aku ingin menikmati proses ini sesuai prosedur karena insyallah jika kita menginginkan hasil yang baik tentu saja harus melalui proses yang baik. Ini bukan hanya masalah yang penting hasil akhirnya, tetapi bagaimana prosesnya. Percuma bila menghasilkan hasil akhir yang baik tanpa proses baik yang ujung-ujungnya hanya mendapat kebahagiaan dan kepuasan semu belaka dan lebih celakanya lagi itu tidak akan mendapatkan barokahnya. Beda dengan jika kita memutuskan untuk berproses yang baik, apapun hasilnya pasti kita akan bahagia. Minimal bahagia karena telah memberikan dan melalui proses yang baik. Tapi, saya percaya segala sesuatu yang dimulai dengan proses yang baik akan menghasilkan sesuatu yang baik. Karena Allah maha adil dan takkan membiarkan hambanya tidak menikmati apa yang telah dilakukan. Allah akan membalas segala perbuatan walaupun sebesar biji dzarrah sekalipun.

Tolong dibedakan antara hal yang menurut kita baik dengan yang terbaik buat kita. Bisa jadi hal yang menurut kita baik itu adalah hal yang terbaik bagi kita. Karena sesungguhnya Allah maha mengetahui apa yang terbaik bagi hambanya. Allah memiliki rencana yang akan jauh lebih indah dari apa yang diinginkan oleh hambanya. Bisa jadi kita diberi ujian kehilangan kambing karena Allah menyiapkan seekor sapi untuk kita. So, be positif saja karena insyaallah semua tidak ada yang sia-sia. Pasti ada hikmah dan ibrah yang bisa diambil dari semua kejadian yang menimpa diri kita.

Sekedar ingin berbagi tak bermaksud menggurui. Semoga bisa menjadi pelajaran bagi kita semua untuk terbiasa berprasangka baik kepada Allah dan istiqomah dalam hal yang kita yakini baik.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: