Managemen Forum

MANAGEMEN FORUM

Sedikit rangkuman materi yang saya dapatkan ketika mengikuti School of Politics yang diadakan oleh KAMMI Komsat Brawijaya beberapa waktu lalu. Dalam sekolah tersebut dibahas bagaimana “bermain” dalam sebuah forum. Baik itu forum formal maupun forum informal. Ternyata banyak hal yang harus dipersiapkan untuk mengikuti jalannya sebuah forum. Tak hanya sekedar duduk, diam, dengarkan. Tapi harapannya lebih proaktif menyuarakan pendapat dan pemikiran-pemikiran. Mohon maaf kalau kurang lengkap karena keterbatasan ingatan dan hilangnya catatan T.T. Semoga bermanfaat.

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan dan disiapkan sebelum mengikuti sebuah forum.

> Memiliki bekal (Tema, Bahan, Medan)

Jadi sebelum mengikuti sebuah forum sebaiknya kita terlebih dahulu mengetahui tentang tema apa yang menjadi topik pembicaraan dalam forum tersebut. Setelah mengetahui temanya maka selanjutnya kita mempersiapkan bahan-bahan yang akan dibawa ke forum agar kita punya gambaran dan materi yang akan disampaikan. Dalam menyiapkan bahan, sebaiknya disertai data dan fakta. Dan yang terakhir adalah kita harus mengetahui medan pada forum tersebut. Bagaimana situasi dan kondisi dan siapa saja yang ada dalam forum tersebut. Jadi, jika kita sudah mengetahui medan yang akan kita hadapi maka kita akan mudah untuk menentukan strategi apa yang bisa digunakan.

> Targetan Tinggi

Dalam mengikuti suatu forum, tentunya kita memiliki maksud dan target tersendiri yang ingin dicapai. Dalam menentukan target ini, kita harus mengambil target setinggi-tingginya. Hal ini dimaksudkan untuk mengantisipasi apabila nanti forum mengalami deadlock kita bisa mengajukan penawaran yang lebih rendah agar bisa disepakati oleh forum yang deadlock. Mungkin bisa dianalogikan seperti ini. Jika targetan kita sebenarnya adalah 7, maka yang kita tawarkan pada forum adalah 10.

> Pembagian Peran

Dalam sebuah forum kita bekerja layaknya sebuah tim, dan dalam sebuah tim haruslah ada pembagian peran dan tugas masing-masing. Dalam sebuah forum biasanya suatu kelompok atau golongan akan saling berbagi peran. Ada yang menjadi bom, ada yang menjadi tameng, dan semacamnya. Dalam forum juga ada kesempatan untuk melakukan lobbying ataupun pada akhirnya jika belum menghasilkan keputusan jalan terakhir adalah melakukan voting.

> Spy

Tidak menutup kemungkinan dalam mempersiapkan menghadapi forum, kita perlu mengetahui gerak-gerik dan strategi yang dipakai oleh pihak lain. Dan hal ini adalah tugas seorang spy atau mata-mata. Dalam menentukan orang yang bertugas menjadi mata-mata harus dipilih orang yang benar-benar tepat karena untuk tidak menimbulkan kecurigaan dari pihak yang bersangkutan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: