Probinmaba 2011 (Part 1)

20112011, sebuah angka cantik yang merupakan akhir dari perjalanan PROBINMABA 2011. Ahirnya ujung perjuangan itupun hampir tiba dan sudah didepan mata, Alhamdulillah. Menyenangkan sekali bisa berkontribusi dalam PROBINMABA 2011 karena serangkaian acara tersebut merupakan sarana untuk mencetak para mahasiswa baru menjadi seorang mahasiswa sejati, seorang mahasiswa yang harus mulai meninggalkan kebiasaan-kebiasaan mereka ketika SMA dan beradaptasi dengan kondisi dan lingkungan dalam kampus. Karena kondisi SMA dan kehidupan kampus adalah dua hal yang jauh berbeda. Disini anda dituntut untuk mandiri, disiplin, bertanggung jawab, dan segala sikap positif lainnya.

Pendamping adalah sektor sentral dalam PROBINMABA 2011. Itulah sedikit alasan mengapa saya memilih untuk menjadi seorang koordinator pendamping. Saya ingin pendamping yang mendampingi para mahasiswa baru merupakan orang-orang yang tepat yang bisa membimbing adik-adiknya untuk menjadi seorang mahasiswa yang luar biasa. Pendamping adalah ujung tombak PROBINMABA 2011, pendamping adalah eksekutor ketika berada dalam lapangan. Saya berani mengatakan bahwa tanpa pendamping PROBINMABA 2011 tak bisa berjalan (Hehehehe). Hidup Pendamping !

Peran utama seorang pendamping ada 4. Pendamping sebagai motivator, pendamping sebagai narator, pendamping sebagai evaluator, dan pendamping sebagai inspirator. Pendamping sebagai motivator adalah pendamping sebagai orang yang bisa membangkitkan semangat perubahan yang bisa mengembangkan potensi mahasiswa baru. Pendamping sebagai inspirator adalah pendamping sebagai orang memberi teladan yang baik dan memberikan informasi-informasi positif yang bermanfaat bagi mahasiswa baru. Pendamping sebagai evaluator adalah pendamping sebagai orang yang bisa memberi evaluasi dari kelebihan dan kekurangan para mahasiswa baru untuk menjadikan sebagai pelajaran bagi mereka untuk senantiasa menjadi lebih baik. Pendamping sebagai narator adalah pendamping sebagai orang yang bisa menyampaikan hal-hal yang perlu disampaikan sehingga nilai-nilai yang akan ditanamkan kepada mahasiswa baru dapat tersampaikan dengan baik). Sekali lagi, begitu mulianya peran sebagai pendamping.

Menjadi seorang koordinator pendamping itu menyenangkan sekali. Ada tantangan tersendiri yang benar-benar saya nikmati. Pendamping merupakan divisi dengan jumlah anggota terbanyak dalam kepanitiaan PROBINMABA 2011. Mengkoordinir 67 orang (yang akhirnya 63 saja yang bertahan) bukan perkara yang mudah, bagaimana membuat 63 orang tersebut berada dalam 1 komando. Alhamdulillah insyaallah saya bisa melakukannya walau pada awalnya saya merasa kesulitan untuk mengkoordinir mereka. Hal yang paling sulit bagi saya adalah bagaimana cara menghafal 1/1 saudara-saudara saya di pendamping adalah mengingat nama dan mengenal mereka 1/1. Itu merupakan suatu keharusan bagi saya untuk mengenal mereka. Jangan sampai tidak mengenal dan bahkan tidak tahu si A ini namanya siapa. Karena menjadi seorang pemimpin harus tahu siapa saja orang-orang yang dipimpinnya.

To Be Continued….

Comments
9 Responses to “Probinmaba 2011 (Part 1)”
  1. mochi says:

    baru tau kalo kakak trnyata k.o pendamping.
    semangat kak!!

  2. ucheen says:

    ,om ribby curhat .. pendamping probinmaba 2011 THE BEST .. n,n

  3. xsinshsand says:

    wah ternyata tanggal 20112011 bnyk acara menarik ya. sayang aq kalah wktu lomba tgl itu😦.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: