Akhir Dari Probinmaba 2011

Hari ini adalah hari yang paling berkesan dan menyenangkan sekali. 20 November 2011 #20112011 adalah hari terakhir pelaksanaan Krida Mahasiswa (Krima) yang termasuk dalam rangkaian PROBINMABA 2011. Benar-benar hari yang luar biasa dan menyenangkan melalui hari ini dengan coretan yang membanggakan.

Pagi itu saya bangun lebih pagi karena harus berangkat ke kampus lebih pagi, jam 05.00 WIB harus sudah berada di Kampus. Tapi itu tak jadi masalah, karena itu adalah tuntutan dan konsekuensi atas amanah yang kita emban. Berjalan menyusuri pinggiran jalan Sumbersari dengan mengharap bahwa hari ini akan dilalui dengan luar biasa. Dan saya optimis bisa meraihnya. #semangatpagi

Sesampainya dikampus, sedikit kecewa. Karena beberapa panitia tidak hadir dan banyak yang datang terlambat. Ujian diakhir perjalanan adalah konsistensi, bagaimana kita belajar untuk menjaga momentum agar tetap professional dan tetap berkomitmen. Jangan sampai kita tidak bisa menjaga momentum itu dan ingin segera mengakhirinya. Saya menyampaikan kepada teman-teman pendamping bahwa kita harus berikan yang terbaik diakhir perjalanan kita.

Melihat banyak pendamping yang berhalangan hadir, sekitar 10 orang lebih membuat saya sedikit pusing. Mereka berhalangan hadir dengan berbagai alasan mulai dari sakit, pulang kampung, hingga lagi ada tugas lain yang tak bisa ditinggalkan. Saya harap teman-teman semua bisa menggunakan skala prioritasnya dengan baik, bahwa kepentingan umum seharusnya lebih didahulukan daripada kepentingan pribadi. Semoga kedepannya bisa dimudahkan dan ayo kita sama-sama belajar untuk saling menghargai dan bisa menentukan prioritas dengan baik. Dan tak lupa terima kasih banyak kepada teman-teman pendamping yang telah hadir, terima kasih karena telah banyak membantu dan bisa konsisten dengan amanah yang diembankan. Saya percaya kalian adalah rekan kerja yang merupakan orang-orang terpilih.

Kekecewaan bertambah ketika melihat jumlah mahasiswa baru yang datang. Apakah jumlah mahasiswa baru FMIPA UB 2011 itu hanya berjumlah sekitar 200-300.an orang saja?. Jika lebih, pada kemana teman-teman yang lain. Apakah ini cerminan mahasiswa baru FMIPA UB 2011, semoga saja tidak. Saya melihat semangat yang luar biasa dari teman-teman mahasiswa baru. Semangat untuk menuju MIPA LEBIH BAIK. #semangatperubahan.

Seperti biasa, pendamping melaksanakan tugasnya hari ini dengan baik, InsyaAllah dan Alhamdulillah. Proses moving cukup lancar walau tidak tega melihat pendamping kepanasan. Tapi tenang saja kawan, saya juga merasakan panas bersama kalian. Check tugas dan sharing Alhamdulillah berjalan cukup baik walau ada beberapa kelompok yang tidak ada pendampingnya karena berhalangan hadir namun sudah bisa dihandle pendamping yang lain. Ada juga pendamping mabanya yang hadir hanya satu orang bahkan ada pendamping  yang mabanya seluruhnya tidak hadir. Namun, itu semua tak mengurangi esensi dari sharing tersebut. InsyaAllah semua bisa diatasi dengan baik. #Hidup Pendamping ^_^

Moving pertama adalah dari hutan mipa menuju gedung graha sainta. Karena para mahasiswa baru akan mendapatkan materi sekaligus mentoring. Betapa senangnya ditengah kesibukan mengkoordinir teman-teman pendamping masih bisa menyempatkan diri untuk mengisi mentoring walaupun hanya sebentar saja. Moving berikutnya adalah dari Graha Sainta menuju Hutan Mipa untuk acara selanjutnya yaitu Games. Acara games berlangsung seru terutama ketika games gombal ala scientist. Sumpah mereka semua mahasiswa baru FMIPA UB 2011 ternyata jago gombal, setidaknya beberapa gombalan mereka bisa mengocok perut yang lagi kosong karena hingga siangpun konsumsi tak kunjung tiba T.T. “Kamu tahu nggak kalo kita berdua itu seperti reaksi irreversible?”, “Nggak, emang kenapa?”, “Karena jika kau dan aku dipersatukan maka tidak akan bisa dipisahkan lagi”. #Gombalan Ilmiah

Setelah games selesai kita semua langsung menuju MIPA untuk shalat lalu langsung menuju Graha Sainta untuk mendapatkan materi berikutnya yaitu Training Motivasi. Ketika Training Motivasi saya mengontrol para mahasiswa baru sambil mendengar materi. Lumayan untuk membangkitkan semangat diri sendiri. Tak ada ruginya walaupun sudah mendapat materi yang hampir serupa beberapa tahun lalu. Saya sedikit mengantuk dan bahkan sempat sedikit tertidur pulas diantara mahasiswa baru (Tak baik dicontoh). Setelah motivasi selesai dilanjutkan dengan shalat ashar berjama’ah. Setelah selesai shalat para mahasiswa baru kembali menuju GS lt 3 untuk mengikuti acara selanjutnya.

Acara selanjutnya sebenarnya adalah inaugurasi dari seluruh mahasiswa baru tiap program studi. Saat itu pembawa acara sudah membuka acara tiba-tiba kordinator lapangan (korlap) datang sambil marah-marah dengan wajah garangnya dibarengi dengan matinya lampu GS lt 3 yang memang disengaja. Saat itulah para korlap melaksanakan tugasnya untuk memberikan “sesuatu” kepada para mahasiswa baru. Para panitia selain korlap pada heboh sendiri diruang panitia. Ada salah seorang mahasiswa baru yang pingsan saat mau dibawa keruang kesehatan, mungkin dia tidak tahan dengan “sesuatu” dari para korlap sehingga menyebabkan tekanan mental bagi dirinya. Sekitar 15 menit kemudian para korlap selesai melaksanakan tugasnya dan acara inaugurasi kembali dilanjutkan.

Image tampang sangar seakan sudah hilang dari para korlap, mereka kini bisa tersenyum lebar dihadapan para mahasiswa baru tanpa harus merasa terbebani dengan “tuntutan profesi”. Sedikit penyampaian dari para korlap untuk para mahasiswa baru yang intinya ditangan para mahasiswa baru 2011 lah masa depan MIPA berada. #Menuju MIPA Lebih Baik. Dilanjutkan dengan menyanyikan lagu INDONESIA RAYA yang membuat merinding menyanyikannya bersama para mahasiswa baru penerus estafet perjuangan di Bumi MIPA, di Bumi Brawijaya. Semangat menggelora tampak dari wajah-wajah mahasiwa baru. Semoga kalian semua konsisten dan istiqomah. #Semangat

Acara selanjutnya adalah inaugurasi dari para mahasiswa baru tiap program studi. Mereka sungguh kreatif sekali. Mulai menyanyi, berdendang dangdut, berpantun ria, drama singkat, dan semacamnya. Yang penting acaranya berjalan seru dan semua merasa senang. Setelah semua program studi menampilkan kreativitas mereka dilanjutkan dengan pemutaran film pendek tentang perjalanan PROBINMABA 2011 mulai dari persiapan panitia hingga akhir dari perjalanan.

Terakhir adalah saling maaf-maafan antara panitia dan peserta sekaligus pengalungan “kalung keramat” kepada panita terbaik dan panitia paling dibenci. Pasti bisa ditebak yang banyak dapat adalah para pendamping dan para korlap. Sedangkan Co Pendamping hanya dapat beberapa >_< (Hahahahaa). Itulah resiko bekerja dibalik layar, tak begitu dikenal (=D) tapi tak masalah asalkan kerjanya bisa dirasakan semua orang.

Terakhir Alhamdulillah bisa berfoto dengan “anak-anak” walaupun tak seluruhnya bisa hadir yang penting saya memiliki dokumentasi yang bisa senantiasa mengingatkan diri ini bahwa pernah bekerja sama dengan kalian yang luar biasa. Saya bangga menjadi koordinator pendamping dengan pendamping yang luar biasa, yang bisa menghasilkan generasi-generasi penerus menuju MIPA LEBIH BAIK.

Pesan kepada para mahasiswa baru FMIPA UB untuk tetap menjaga rasa kekeluargaan dan buktikan bahwa MIPA itu SATU, MIPA itu JAYA. MIPA SATU, MIPA JAYA ! Jadilah mahasiwa yang luar biasa, berikan kontribusi maksimal disetiap bidang yang kalian senangi. MAHASISWA FMIPA UB 2011 adalah MAHASISWA LUAR BIASA, InsyaAllah. #HAPUSKAN VIRUS APATIS DI MIPA. (RibbyAhmad)

Comments
4 Responses to “Akhir Dari Probinmaba 2011”
  1. ana says:

    saangaaaat berkesan🙂

  2. mochi says:

    pendamping kelompok saya gag hadir ~~😥
    krima trakhir tp malah ditinggal kakak pndamping😥 kurang lengkap rasax ~~
    dapet top berapa kak ??😄 maaf ya gag bisa ikut nyumbang top ke kakak😄 (bercanda~~)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: