Tentang Amanah

TENTANG AMANAH

Malam ini aku nulis lagi setelah beberapa lama tak menulis karena berbagai kesibukan diluar yang tak bisa ditinggalkan. Semangat ini belum aku dapatkan sepenuhnya, masih mencoba membangun kembali seperti sedia kala. Aku akan berusaha untuk itu.

Kali ini tentang amanah. Yaa tak hentinya amanah itu datang kepada kita. Karena sesungguhnya hidup itu adalah amanah, jika tak mau amanah maka jangan hidup saja. Tak pernah ada sedikitpun pada diri ini untuk mengejar amanah, tak pernah sedikitpun pada diri ini ada ambisi untuk mencapai amanah-amanah tertentu. Karena saya pahami bahwa amanah itu bukan dicari, amanah itu untuk dipertanggungjawabkan dan pertanggungjawaban itu tidaklah mudah. Bukan saja pertanggungjwaban di dunia saja, namun tentunya akan dimintai pertanggungjawaban di akhirat kelak sana. Naudzubillah bagi yang tak bisa menjalankan amanahnya dengan baik. Semoga kita semua bisa senantiasa berada dalam lindungan-Nya sehingga bisa menjalankan amanah-amanah yang ada pada diri kita dengan baik.

Pernah seketika aku duduk termenung. Mengapa semuanya dibebankan kepadaku dan mengapa aku seakan tak punya kuasa untuk menolaknya. Sungguh ini bukan suatu ketamakan, bukan suatu obsesi dan ambisi untuk mengambil semuanya. Melainkan karena keinginan untuk mengabdi, jika memang dirasa bisa maka tak ada alasan untuk menolaknya. Sekali lagi bukan karena obsesi apalagi ambisi berlebih.

Pernah pula seketika aku bertanya-tanya. Kapankah ini akan berakhir? Aku ingin hidup bebas tanpa adanya beban akan suatu amanah yang harus dipertanggungjawabkan. Aku ingin itu, sungguh. Tapi seorang saudara menasehati bahwa “kau tak akan bisa hidup tanpa amanah, kalau mau tanpa amanah jangan hidup saja”. Sekali lagi beruntungnya memiliki saudara-saudara yang bisa senantiasa saling mengingatkan dalam kebaikan dan senantiasa menjadi motivator ulung saat diri ini mengalami suatu kebosanan, saat diri ini mengalami suatu kejenuhan.

Bismillah……,Aku berserah pada-Mu Yaa Rabb, bimbinglah hambamu ini dan senantiasa istiqomahkan didalam jalan kebaikan. Aamiin.

Leave a Reply

