Ini Langkahku (Part 1)

Bismillahirrahmanirrahiim.

Alhamdulillah pada malam hari ini saya diberikan mood untuk menulis lagi setelah sekian lama tak produktif menghasilkan coretan-coretan yang bisa dibagi kepada orang lain. Memang berat untuk tetap terus senantiasa istiqomah (konsisten) dengan apa yang direncanakan sebelumnya, dulu saya ingin sekali menulis tiap hari minimal satu tulisan yang bisa diposting di blog sederhana ini. Tapi pada kenyataannya, implementasinya sangat sulit dilakukan. Selain karena kesibukan rutinitas juga ada kesibukan-kesibukan insidental yang rasanya menyita perhatian. Tapi, itu bukanlah alasan yang bisa menghalangi saya sendiri untuk tetap terus mencoba menggoreskan coretan-coretan kecil dengan harapan bisa bermanfaat dan menginspirasi banyak orang. Aamiin.

Sempat berpikir tulisan apa yang akan saya buat malam ini. Yang jelas status di akun Facebook saya tertuliskan bahwa saya harus menulis malam ini. Inspirasi itu terkadang tak bisa ditebak, ketika kita sedang dalam kondisi mood akan banyak sekali karya-karya yang bisa kita hasilkan. Namun, ketika rasa jenuh itu melanda maka jangan harap akan ada karya-karya yang bisa kita hasilkan dengan hasil yang optimal. Akhirnya saya putuskan untuk bercerita saja tentang pengalamanku didunia organisasi. Mungkin ada pelajaran yang bisa diambil dan dihindari, hehehe.

Ketika saya masih mendapatkan gelar sebagai “Mahasiswa Baru”, banyak yang saya inginkan. Yang pertama saya ingin aktif di Lembaga Kerohanian Islam alias jadi Rohis gitu deh, tapi ternyata tak kesampaian ketika masih maba. Maklum, dunia jahiliyah masih membelengguku. Kemudian saya ingin sekali aktif di Organisasi yang berhubungan erat dengan dunia komputer. Yaa, saya suka sekali yang berhubungan dengan komputer baik itu internetnya ataupun perangkatnya. Karena bagi saya itu merupakan keasyikan tersendiri ketika kita berada didepan komputer/laptop walaupun itu hingga berjam-jam lamanya. Alhamdulillah ada Lembaga Otonomi Fakultas yang insyaAllah bisa mengakomodasi hobby saya dibidang tersebut, MOST namanya.

Ketika perkenalan lembaga pada saat PKKMABA atau yang lebih dikenal sebagai OSPEK. Lembaga yang saya tunggu adalah MOST, karena saya sangat tertarik untuk masuk didalamnya. Nah, kesempatan itu datang. Para MOST’ers memperkenalkan apa itu MOST dan apa saja yang dilakukan mereka dan sayapun menyimaknya dengan seksama. Hingga akhirnya pada kesempatan untuk mengajukan pertanyaan sayapun mengacungkan tangan tanda akan bertanya, alhamdulillah diberi kesempatan dan sebagai hadiah karena bertanya sayapun mendapatkan installer Ubuntu versi 09.04 kalau tidak salah. Alhamdulillah, lumayan. Tapi ada satu hal yang buatku sedikit kecewa, karena ternyata Open Recruitment MOST itu dilaksanakan pada semester 2, tertundalah keinginanku itu untuk segera menjadi bagian dari keluarga besar MOST. Tapi ada hikmahnya juga ternyata, karena ternyata pada semester 1 itu adalah waktu dimana sebagian besar waktu kita hanya dihabiskan di perpustakaan, kost.an teman, buat apalagi kalau bukan mengerjakan laporan, sangat menyita waktu.

Singkat cerita ketika semester 2 berjalan, saya lihat ada pengumuman Open Recruitment MOST tanpa banyak basa-basi sayapun mengambil satu formnya dan mengisinya untuk disetorkan kembali pada anggota MOST yang ada di sekretariatnya. Ternyata masih ada tahapan screening, wah sepertinya bakalan diwawancarai habis-habisan sama kakak-kakak senior di MOST. Ambil positifnya saja, kalau mereka macam-macam hajar saja *ups bercanda. Proses screening dilakukan diakhir pekan alias hari Sabtu dan Minggu, harinya mahasiswa. Sayapun memilih untuk datang dihari Sabtu dengan pertimbangan biar cepat selesai urusannya.

Hari yang dinantikan itupun tiba, saatnya screening untuk menjadi calon anggota MOST. Sayapun datang ke kampus dengan semangat dan berharap proses screening dapat berjalan dengan lancar. Ternyata saya bukan peserta pertama yang datang, ternyata lumayan banyak yang lebih antusias daripada saya. Hmm, it’s ok lah mengantri sebentar, budayakan antri. Dan sembari menunggu panggilan, saya mengobrol dengan anak yang juga mengantri untuk screening hanya sekedar untuk membunuh kebosanan dalam masa penantian. Kamipun cukup asyik mengobrol mulai dari masalah liburan hingga masalah kuliah. Dan panggilan pun datang artinya tiba giliran saya untuk screening, rada deg-degan sich tapi harus saya tahan karena proses screening itu bukanlah hal yang menakutkan.

Screening itu dimulai dengan salam dilanjutkan dengan perkenalan diri dan alasan kenapa ingin bergabung menjadi keluarga besar MOST. Saya memperkenalkan diri dan latar belakan saya mengapa ingin sekali menjadi anggota MOST, sayapun bilang kalau saya sangat berminat sekali dibidang teknologi informasi. Ada satu pertanyaan yang saya ingat sampai saat ini. “Anda lebih memilih mana antara Memimpin atau Dipimpin?”. Saya ragu menjawabnya, saya mau menjadi pemimpin, namun saya masih belum merasa pantas untuk menjadi seorang pemimpin dengan segala sifat dan kekurangan saya ditambah dengan pengalaman yang saya rasa masih kurang untuk menjadi seorang pemimpin, yaa itulah sifat pecundang yang saya miliki kala itu, lebih memilih dipimpin daripada memimpin. Dan screeningpun dapat saya lewati dengan cukup baik dan memuaskan, InsyaAllah.

Waktunya pengumuman siapa saja yang bisa mengikuti diklat anggota baru MOST dan alhamdulillah nama saya tercantum disana, senang sekali rasanya. Singkat cerita sayapun melewati diklat dengan lancar hingga sayapun resmi menjadi salah satu anggota dari keluarga besar MOST (Most Obviously Sains and Technology). Alhamdulillah,

 

To Be Continued……,

Comments
2 Responses to “Ini Langkahku (Part 1)”
  1. Aslamualaikum
    kunjungan perdana nih akh…
    nice post,, gmn lanjutnya.. ditunggu..🙂

Leave a Reply

