Memulai Tahun 2014 Lebih Awal

Memulai Tahun 2014 Lebih Awal

(Ahmad Ribby/UB/Mipa/Biologi/2009)

 

Tahun 2014 masih lama, tahun 2012 saja masih baru memasuki bulan februari. Namun tidak bagi para politikus negeri ini. Tahun 2014 sudah sangat dekat, sudah saatnya mereka mempersiapkan segala jurus-jurusnya untuk menghadapi tahun 2014. Ada apa di tahun 2014? Ya, tahun 2014 merupakan tahun dimana Indonesia akan menyelenggarakan pesta demokrasi untuk memilih orang-orang yang akan mewakili rakyat Indonesia mulai dari tataran DPRD I, DPRD II, DPR-RI, DPD, hingga pemilihan Presiden dan Wakil Presiden.

Tentu saja gawe besar negeri ini harus disambut dan dipersiapkan secara maksimal oleh para calon peserta pemilu. Baik itu para partai politik ataupun orang-orang yang akan maju dikancah pemilihan umum beserta tim suksesnya. Proses pencitraan dan “curi start” kampanye pun sudah banyak dilakukan oleh para kandidat-kandidat kuat yang mungkin akan “maju”. Mulai dari media cetak hingga elektronik, mulai dari banner dan spanduk hingga iklan di televisi. Mereka menjamah segala media-media yang bisa memajang sosok mereka dengan harapan “jualan” mereka “dibeli” atau setidaknya diperhatikan oleh masyarakat.

Dan strateginya pun bermacam-macam, mulai dari mengucapkan hari-hari tertentu seperti selamat Natal dan Tahun Baru ataupun Imlek. Ada pula yang menunjukkan sisi “kebijaksanaan” dengan mengeluarkan kata-kata mutiara hingga ada pula yang membidik kalangan UMKM.  Mereka berusaha sedini mungkin untuk menarik perhatian masyarakat dengan harapan masyarakat memiliki gambaran dan mengenal serta familiar dengan tokoh-tokoh yang “tebar pesona” tersebut.

Kita melangkah kepada persiapan partai politiknya. Hampir bisa dipastikan akan ada banyak Parpol yang akan berpartisipasi dalam Pemilu 2014. Hal ini memungkinkan saja karena untuk mendirikan sebuah Parpol dan menjadi peserta pemilu syarat yang harus dipenuhi relatif mudah sehingga tak heran jika peserta Pemilu terdiri dari banyak partai (Multipartai). Yang paling menarik dibahas adalah bagaimana kans Partai-partai dalam Pemilu yang akan datang. Persaingan akan sangat menarik karena beberapa Partai mengalami banyak sekali gejolak-gejolak yang menimpa kondisi internal Partai. Selain itu ada Partai-partai baru yang bagi sebagian orang mungkin dianggap sebagai “Barisan Sakit Hati” karena tak lain sebelumnya mereka berada dalam Partai lain. Mungkin karena satu dan lain hal serta ideologi yang tak bisa lagi disatukan sehingga menyebabkan mereka memilih mendirikan partai baru ketika partai lama mereka anggap tak lagi menampung aspirasi mereka dalam berpolitik.

Sepertinya kekuatan utama masih dipegang Partai-partai besar seperti Partai Demokrat, Partai Golkar, dan Partai PDI-P. Namun, jangan lupakan Partai Keadilan Sejahtera bisa saja menyodok ke tiga besar mengingat saat ini Partai Demokrat diguncang prahara dan Partai Golkar yang banyak kadernya menyeberang ke Partai Nasdem. Yang lebih menarik mungkin siapakah kandidat yang akan maju menjadi Capres dan Cawapres. Dari masing-masing Partai pastinya ada kandidat-kandidat kuat yang akan maju. Seperti Partai Golkar yang hampir dipastikan akan mengusung sang ketua umum Aburizal Bakrie. PAN yang sepertinya “nekat” mengajukan Hatta Rajasa sebagai Capres walau suara mereka bisa dikatakan tidaklah besar. Atau Partai Keadilan Sejahtera yang bisa jadi mengajukan nama Hidayat Nur Wahid untuk calon RI-1 jika mereka berhasil meraih 20% suara pada Pemilu Legislatif. Yang menjadi pertanyaan siapakah yang akan maju dari Partai Demokrat?. Mengingat sangat sulit mencari sosok yang ketokohannya seperti Susilo Bambang Yudhoyono. Mungkinkah sang Ketua Umum Anas Urbaningrum, Ketua DPR Marzuki Alie ataukah akan ada nama lain yang tidak diduga publik. Menarik ditunggu.

Yang pasti dalam beberapa tahun kedepan hingga tahun 2014 mendatang, rakyat akan disuguhkan manuver-manuver politik yang dilakukan oleh para elite negeri ini. Semoga rakyat tidak bosan untuk memilih pemimpin-pemimpin mereka yang selama ini masih dirasa belum memenuhi harapan dan ekspektasi masyarakat untuk Indonesia yang sejahtera dan jaya. Semoga saja !

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: