Pemain Muslim Dalam Sepak Bola

Sepak bola adalah hal yang sangat menarik untuk diikuti. Berbagai hal yang menyangkut sepak bola pastilah sangat menarik untuk dibicarakan. Yaa, olah raga yang diklaim sebagai olahraga yang paling popular di dunia ini telah menjadi bagian yang tak terpisahkan dari kehidupan kita sehari-hari. Hampir disetiap waktu pastilah ada hal yang bisa diperbincangkan. Mulai dari hasil pertandingan, top skor, hingga urusan pribadi seorang pesepakbola menyangkut skandal-skandal diluar lapangan sangatlah menarik untuk dibicarakan.

Olah raga sepak bola telah menjadi bagian yang terpisahkan dari hampir seluruh elemen masyarakat dunia. Baik itu di Negara maju hingga Negara terbelakang, baik itu di Perkotaan hingga pelosok desa sekalipun pastilah mengenal olah raga mengolah si kulit bundar ini. Semua membaur menjadi satu jika sudah menyangkut sepakbola. Hampir tidak ada lagi perbedaan agama, ras, suku, dan budaya. Semua bisa membaur menjadi satu didalamnya.

Setiap penikmat bola pastilah ada tim dan pemain yang didukung dan bahkan ada yang sampai sangat fanatik dengan tim yang dia dukung. Segala hal yang berhubungan dengan favoritnya dikoleksi seperti poster, jersey, dan merchandise lainnya. Fanatisme seperti inilah yang sangat potensial dan dimanfaatkan betul oleh para pebisnis-pebisnis yang rela mengeluarkan uang banyak untuk terlibat langsung dalam dunia sepakbola. Saat ini sepakbola tak hanya sekedar olahraga biasa, sepakbola telah menjadi industri yang sangat besar dan menjanjikan. Terbukti dengan banyaknya milyuner-milyuner dari berbagai Negara yang menjadi pemilik beberapa klub ternama di dunia terutama di dataran eropa.

Bagi seorang kader dakwah sekalipun, sepak bola juga bisa menjadi bahan obrolan yang sangat menarik disamping membicarakan tentang topik kajian minggu ini, amanah yang harus segera ditunaikan, ataupun perkembangan-perkembangan wajihah dakwah di Kampus. Bahkan tak jarang para Ikhwan mengadakan nonton bareng dan tak kalah ramenya dengan acara Mabit yang rutin diadakan tiap bulannya. Sepakbola sudah menjadi elemen alternatif yang bisa menambah perekat ukhuwah antara kader dakwah satu dengan yang lainnya.

Sepakbola dan muslim bukanlah sesuatu yang terpisah. Banyak seorang muslim yang terlibat langsung dalam dunia sepak bola baik itu menjadi pemain, pelatih, ataupun pemilik dari klub professional. Sudah sangat banyak contohnya pemain yang sukses menjadi pesepakbola professional. Mulai dari Muhammed Kallon, Ahmed “Mido” Hossam, Zinedine Zidane, Eric Abidal, Kanoute, hingga pesepakbola generasi terkini semacam Franck Ribery, Samir Nasri, Dzeko, Miralem Pjanic, Yaya dan Kolo Toure, Karim Benzema, Mesut Oziel, dan masih banyak lagi pemain muslim ternama yang bukan hanya menjadi pemain pelengkap namun telah menjadi pilar utama dan tak tergantikan di Klubnya masing-masing.

Pemain-pemain muslim menjadi idola baru bagi sepak bola dunia. Mereka telah menjadi sosok teladan di dalam dan di luar lapangan. Mereka bisa menjadi penyampai pesan-pesan moral dan kemanusian pada dunia. Seperti halnya yang sering dilakukan Kanoute dalam beberapa selebrasi golnya, ia menuliskan pesan untuk Palestina dalam kaosnya. Mesut Oziel yang tak pernah lupa berdo’a dan membaca Qur’an sebelum pertandingan. Atau Kolo Toure yang tak pernah meninggalkan kewajibannya berpuasa ditengah musim pertandingan yang padat dan tentunya menguras tenaga.

Begitu banyak prestasi dan kontribusi yang diberikan pemain muslim bagi klhubnya, yang terkini adalah Gol Dzeko yang menyamakan kedudukan 2-2 ketika Manchester City menghadapi Queen Park Rangers dalam pertandingan penentuan juara English Premier League musim ini sebelum gol oleh Aguero yang menjadi penentu kemenangan City sekaligus menjadikannya juara setelah 44 tahun lamanya mereka menunggu untuk kembali merengkuh gelar juara. Gol Dzeko sangat berarti untuk mengangkat moral pemain City yang sudah hampir frustasi karena tertinggal 1-2 hingga jelang pertandingan berakhir dan memasuki Injury Time. Atau kontribusi Robin Van Persie yang menjadi kapten sekaligus top skorer bagi klubnya Arsenal dimusim ini. Serta peran besar Mesut Ozil yang mengantarkan Real Madrid untuk meraih gelar juara dan meruntuhkan dominasi Barcelona dalam beberapa musim terakhir.

Banyak hal-hal positif yang bisa ditularkan oleh pemain sepakbola muslim professional ini. Bahkan karena banyaknya pilar muslim di timnya, pelatih Newcastle United meminta managemen klub untuk menyediakan fasilitas ibadah di dalam Stadion sehingga pemain atau penonton muslim bisa mudah untuk melakukan ibadah. Itu karena performa dari ketiga pemain muslim yang dimilik Newcastle United dimusim ini sangat bagus dan menjadi pilar tak tergantikan di timnya. Sungguh sangat luar biasa kontribusi pemain muslim dalam sepakbola dunia. Semoga ini menjadi pertanda positif dalam perkembangan dunia islam dan makin banyak orang yang tertarik mempelajari islam serta mengubah persepsi dunia tentang islam yang selama ini acapkali negatif dan kerap dituduh dengan tuduhan teroris.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: