Marhaban Yaa Ramadhan, Mari Tentukan Targetan!

Marhaban Yaa Syahru Ramadhan, Syahru Shiyaam…

Alhamdulillah, segala puji dan syukur tak henti terucap kepada Allah SWT yang telah memberikan begitu banyak nikmat, salah satu nikmat yang Allah berikan adalah bisa dipertemukan kembali dengan bulan yang penuh barokah, penuh ampunan, bulan Ramadhan. Bulan dimana memiliki banyak sekali keutamaan yang sayang sekali untuk dilewatkan begitu saja. Bulan Ramadhan adalah termasuk bulan yang istimewa diantara sebelas bulan lainnya, kehadirannya selalu ditunggu oleh semua ummat muslim di seluruh dunia.

Salah satu bentuk syukur akan segala nikmat itu adalah dengan memanfaatkan kesempatan yang telah diberikan semaksimal mungkin untuk memperbanyak ibadah dan senantiasa mendekatkan diri kepada-Nya. Diantara banyak ibadah yang dianjurkan untuk banyak dilakukan adalah membaca Al-Qur’an, lebih baik lagi jika menghafalnya juga, shalat tarawih, shalat tahajjud, sedekah, dan banyak lagi ibadah-ibadah lainnya. Karena segala amal ibadah yang kita lakukan, insyaAllah pahalanya akan dilipatgandakan oleh Allah SWT.

Karena bulan Ramadhan hanya datang satu tahun sekali, maka kesempatan bertemu dengannya harus dimanfaatkan dengan sebaik mungkin. Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk memaksimalkannya adalah dengan membuat beberapa targetan pribadi yang akan diupayakan untuk dipenuhi selama bulan Ramadhan. Targetan-targetan tersebut bisa meliputi targetan tilawah Qur’an, targetan hafalan Qur’an, targetan tahajjud, dll. Targetan-targetan yang telah ditentukan tersebut bisa dijadikan sebagai motivasi untuk menjadikan bulan Ramadhan untuk beribadah semaksimal mungkin yang bisa dilakukan.

Salah satu keinginan saya pada Ramadhan kali ini adalah ingin mencoba menulis setiap hari, tulisan berupa catatan-catatan ringan yang berisi inspirasi-inspirasi yang didapat selama bulan Ramadhan, baik itu dari kejadian sehari-hari, dari buku bacaan, dari kajian-kajian, atau dari banyak sumber inspirasi lainnya. Harapannya dengan ditulisnya catatan-catatan tersebut bisa menginspirasi yang lainnya.

Targetan tersebut kelihatannya sangat mudah untuk dilakukan. Tetapi berdasarkan pengalaman yang sebelum-sebelumnya, menulis itu bukan perkara yang mudah apalagi di bulan Ramadhan ini. Disaat kesibukan lainnya masih meminta untuk diperhatikan, disaat dimana harus memperbanyak ibadah, menulis catatan juga bukan perkara yang mudah untuk itu perlu tekad dan komitmen yang kuat untuk menjalankannya. Dan bismillah, semoga saya bisa……..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: