Berikan Ibadah Terbaikmu!

#2

Alhamdulillah, sudah menginjak hari keempat di bulan Ramadhan yang penuh berkah ini. Tentunya kita sudah mulai terbiasa menjalani rutinitas sehari-hari dalam keadaan berpuasa. Selain itu, tentunya kita juga sudah mulai beradaptasi dengan ibadah-ibadah yang senantiasa terus kita tingkatkan setiap harinya.

Sudah tiga hari kita lewati bulan Ramadhan sejak dimulainya Ramadhan hari kamis yang lalu, itu artinya sudah tiga hari pula kita melakukan berbagai hal, berbagai ibadah di bulan yang penuh barokah ini. Sudah sejauh mana ibadah-ibadah yang kita lakukan? Sudah seberapa banyak targetan-targetan yang hendak dicapai dapat terpenuhi? Mari kita mengevaluasi diri, mumpung masih di awal Ramadhan.

Bulan Ramadhan adalah bulan yang paling dirindukan kedatangannya, bulan yang sangat ditunggu-tunggu oleh seluruh ummat muslim di dunia. Ramadhan adalah bulan mulia dengan begitu banyak keutamaan-keutamaan yang dimilikinya.

Karena bulan Ramadhan adalah bulan yang mulia, maka kita yang masih diberi kesempatan oleh Allah SWT berjumpa dengan bulan Ramadhan harusnya memanfaatkannya semaksimal mungkin. Karena banyak diantara saudara-saudara kita, atau bahkan keluarga kita tidak lagi berkesempatan berjumpa dengan Ramadhan karena lebih dulu dipanggil oleh Allah SWT. Maka teramat rugi jika kita menyiakan kesempatan yang telah Allah berikan kepada kita untuk berjumpa dan menikmati nikmatnya beribadah di bulan Ramadhan.

Salah satu yang tidak bisa kita ketahui adalah kapan waktu kita dipanggil untuk menghadap Allah SWT yang maha kuasa, pemilik segala yang ada di alam semesta ini. Bisa saja besok, minggu depan, bulan depan, tahun depan, atau kapan saja Allah bisa mencabut nyawa yang melekat dalam jasad kita. Untuk itu kita harus senantiasa bersiap bila saat itu tiba, kita sudah siap dengan segala amal terbaik kita untuk dipertanggungjawabkan dihadapan-Nya.

Selagi kita bisa menikmati banyak keutamaan di bulan Ramadhan, maka kita harus memanfaatkannya dengan sebaik-baiknya. Kita harus memberikan segala amal ibadah yang terbaik, terbaik dari yang bisa kita upayakan. Karena barangkali ini merupakan Ramadhan terakhir kita di dalam dunia ini. Karena sekali lagi, Allah bisa kapan saja memanggil kita untuk menghadap-Nya.

Selagi kita diberi kesempatan, selagi masih diawal Ramadhan, marilah kita berkomitmen pada diri kita masing-masing untuk memberikan amalan-amalan terbaik di bulan yang baik ini, bulan Ramadhan bulan yang penuh keberkahan. Agar nantinya, tak ada perasaan menyesal ketika kita harus mempertanggungjawabkan atas apa-apa yang kita lakukan di dunia kepada Allah SWT. Semoga kita termasuk hamba-Nya yang bertakwa. Aamiin Yaa Rabbalamiin.

@ribbyahmad

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: